Tips Jitu Menemukan Kebutuhan Pelanggan

Sebagai seorang pebisnis memperoleh pelanggan merupakan tujuan utama setelah membangun usaha, apalagi jika bisa memperoleh pelanggan yang loyal dan bisa membina hubungan yang baik itu merupakan keuntungan jangka panjang bagi pelaku usaha.

Banyak hal yang bisa dilakukan jika bisa memahami apa yang menjadi kebutuhan pelanggan, salah satunya dengan menawarkan berbagai macam produk sesuai dengan kebutuhan mereka. Tapi sebelum itu yang perlu dilakukan adalah mencari tahu apa saja kebutuhan dari pelanggan tersebut,

untuk itu dibawah ini akan dijelaskan beberapa cara yang dilakukan untuk menemukan kebutuhan pelanggan, sebagai berikut:

  1. Pelajari Karakter Pelanggan.

Ketika memutuskan untuk memulai suatu usaha tentunya sudah terpikirkan target yang akan menjadi pelanggan. Walaupun pada kenyataanya tidak semua orang bisa menjadi pelanggan yang akan membeli produk kita, tetapi setidaknya sudah ada gambaran kemana akan memasarkan produk tersebut. Jika sudah bisa mengidentifikasi calon pelanggan maka langkah selanjutnya adalah mencari tahu karakter masing-masing pelanggan tersebut. Untuk memudahkan pekerjaan kita bisa mengelompokkan mereka menjadi empat atau lima kelompok. Dengan begitu akan lebih mudah untuk menemukan hal-hal apa yang dilakukan calon pelanggan sebelum membeli sebuah produk.

  1. Cari Tahu kegiatan Sehari-harinya.

Setelah mencari tahu karakternya, cari tahu juga kegiatan sehari-harinya seperti apa yang dilakukan, apa yang mereka beli, mengapa mereka membeli dan lain sebagainya.  Jika akan melakukan penjualan langsung sebaiknya kita tau apa pekerjaan dan kepentingan mereka. Kemudian jika melakukan pendekatan tepat pada saat mereka akan membeli maka ini akan meningkatkan kesempatan penjualan produk.

  1. Berikan Kuisioner.

Kuisioner merupakan cara yang populer maka tidak ada salahnya untuk dicoba. Hal ini dilakukan untuk mengetahui keinginan pelanggan, bisa dibidang pelayanan ataupun kualitas produk dsb. Karena bentuknya tertulis akan memudahkan kita untuk mengumpulkan data.

  1. Lakukan Survey Pasar.

Survey dilakukan sebagai langkah kedua setelah menyebarkan kuisioner. Hasil dari kuisioner bisa disinkronkan dengan hasil analisa survey. Hal ini untuk lebih mengkonkritkan data yang ada.

  1. Jalin Hubungan Yang Baik Dengan Pelanggan.

Berlakulah sopan dan ramah kepada calon pelanggan ataupun pelanggan. Buatlah mereka nyaman sehingga kita bisa lebih mudah memahami apa yang mereka butuhkan. Cara yang pertama adalah dengan bertanya, jangan pernah berasumsi apa yang kita pikirkan sama dengan yang mereka pikirkan. Jadilah pendengar yang setia, bahkan ketika ada kesalahpahaman mintalah pendapat terlebih dahulu kepada pelanggan apa yang bisa kita lakukan dan bagaimana yang mereka inginkan. Ini akan membangun citra positif bagi kemajuan usaha.  Lebih teliti dalam mencek ketersediaan barang, jangan sampai mengecewakan pelanggan. Terkadang hal ini sering terlupakan.

  1. Selalu simpan Data Pelanggan

Untuk membantu mendekatkan diri dengan pelanggan, pelaku bisnis harus selalu menyimpan data data pelanggan, hal ini tidak akan susah jika dengan bantuan software toko, karena jika tidak ada data pelanggan, kemungkinan akan susah untuk menjalin hubungan baik, karena bisa saja lupa dengan pelanggan tersebut.

Sekian penjelasan tentang tips jitu menemukan kebutuhan pelanggan. Silahkan coba demo software minimarket dan software toko, atau software restoran terlebih dahulu sebelum membeli.

Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin softwaretoko.co.id, PT. Inti Core Indonesia via Phone/SMS/WA/Line: 082133038180 & 081234540765 atau ke email: admin@software-id.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *