Karakteristik Merek

Karakteristik merek memainkan peran yang vital dalam menentukan apakah pelanggan memutuskan untuk percaya pada suatu merek. Berdasarkan pada penelitian kepercayaan interpersonal, individu-individu yang dipercaya didasarkan padareputation, predictabilitydancompetencedari individu tersebut. Dalam konteks hubungan pelanggan-merek, kepercayaan pelanggan dibangun berdasarkan pada reputasi merek, prediktabilitas merek, dan kompetensi merek. Penjelasan dari tiga karakteristik merek dapat ditunjukkan sebagai berikut:

1. Brand Reputation

Brand reputationberkenaan dengan opini dari orang lain bahwa merek itu baik dan dapat diandalkan(reliable).Reputasi merek dapat dikembangkan bukan saja melaluiadvertisingdanpublic relations,tapi juga dipengaruhi oleh kualitas dan kinerja produk.

Pelanggan akan mempersepsikan bahwa sebuah merek memiliki reputasi baik, jika sebuah merek dapat memenuhi harapan mereka, maka reputasi merek yang baik tersebut akan memperkuat kepercayaan pelanggan.

2. Brand Predictability

Brand predictabilityberkenaan dengan kemampuan suatu kelompok untuk memprediksi perilaku dari kelompok lain.Predictable brandadalah merek yang memungkinkan pelanggan untuk mengharapkan bagaimana sebuah merek akan memilikiperformancepada setiap pemakaian.Predictabilitymungkin karena tingkat konsistensi dari kualitas produk.

Brand predictabilitydapat meningkatkan keyakinan konsumen karena konsumen mengetahui bahwa tidak ada sesuatu yang tidak diharapkan akan terjadi ketika menggunakan merek tersebut. Karena itu,brand predictabilityakan meningkatkan kepercayaan terhadap merek karenapredictabilitymenciptakan ekspektasi positif.

3. Brand Competence

Brand competenceadalah merek yang memiliki kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan, dan dapat memenuhi kebutuhannya. Kemampuan berkaitan dengan keahlian dan karakteristik yang memungkinkan suatu kelompok memiliki pengaruh dalam suatu wilayah tertentu.

Ketika diyakini bahwa sebuah merek itu mampu untuk menyelesaikan permasalahan dalam diri pelanggan, maka pelanggan tersebut mungkin berkeinginan untuk meyakini merek tersebut.

Sekian penjelasan artikel tentang karakteristik merek dari Kami. Silahkan coba demosoftware minimarketdansoftware toko, atausoftware restoranterlebih dahulu sebelum membeli.

Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi adminsoftwaretoko.co.id,PT. Inti Core Indonesiavia Phone/SMS/WA/Line:082133038180&081802613019atau ke email:admin@software-id.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *