Tips Sederhana Mengatur Keuangan Pada Bisnis Kecil

Untuk memulai sebuah usaha tidak melulu dalam skala yang besar. Meski usaha yang anda jalankan hanya dalam skala bisnis kecil, mengabaikan keuangan sama dengan bunuh diri. Karena keuangan bisnis kecil juga memiliki tingkat yang sama dengan keuangan dalam bisnis skala lainnya.

Dalam sistem keuangan Anda akan memiliki data untuk aktivitas perusahaan pada masa lampau, Apa yang Anda lakukan dan Apa yang Anda hasilkan bisa tercermin dari catatan Anda. Tidak  hanya itu, dari sistem keuangan pula Anda bisa mengambil keputusan dan kebijakan di masa depan. Masalahnya kerap kali pelaku usaha bisnis kecil mengalami keterbatasan modal dan dalam memahami sistem keuangan.

Padahal kalau Anda memahami dengan baik, keuangan bisnis kecil bisa anda jalankan dengan cukup sederhana. Penggunaan aplikasi kasir dalam bisnis juga sangat berperan penting untuk memudahkan dalam proses transaksi penjualan kepada pelanggan maupun digunakan untuk mencatat data yang anda sediakan dalam bisnis yang anda jalankan. Dengan menggunakan aplikasi kasir dalam bisnis yang anda jalankan bisa senantiasa kita analisis dan mencegah kecurangan kasir, sistem keuangan anda akan lebih aman dan tertata rapi. Dengan seperti itu bisnis yang anda jalankan akan berkembang dan lancar.

Berikut ini ada beberapa tips sederhana mengatur keuangan dan penggunaan aplikasi kasir pada bisnis kecil

Buat keuangan secara terpisah
Kerap kali pelaku usaha tidak memisahkan keuangan pribadinya dengan keuangan usaha. Alasannya karena usahanya masih kecil, jadi belum kompleks. Tapi ini adalah kesalahan fatal.
Jadi buat dua data keuangan yang terpisah, jika Anda perlu suntikan dana ambil dengan prosentasi tertentu dari modal. Karena ketika Anda membeli kebutuhan pribadi Anda dengan uang usaha, Maka tanpa sadar uang usaha Anda akan tergerus dan habis.

Hitung semua biaya pengeluaran
Begitu sibuknya Anda dalam menjalankan bisnis anda, jangan sampai anda menyepelekan biaya operasional. Meski itu sekedar membeli sajian untuk tamu, atau sekedar membeli sebuah bulpoin. anda membelinya dengan uang usaha dan untuk kepentingan usaha, jadi jangan lupa catat, Jangan anda abaikan. Dari sini anda bisa melihat adakah biaya yang berlebihan atau justru kurang.

Hitung hasil pemasukan
Bisnis kecil anda hidup dan berkembang dari pemasukan. Kalau anda menjual dan terus menjual tapi anda lupa menagih, tentu hasil pemasukan anda akan hancur. Jadi jangan abaikan ini karena hidup dan mati bisnis kecil anda berasal dari hasil yang diperoleh.

Luangkan waktu
Ketika anda menjalankan usaha, kadang anda mendorong diri anda demikian kuat untuk menjual dan berproduksi. Tapi anda mengabaikan administrasi dan keuangan. Padahal semua ini sangat penting dalam usaha. Jika sistem keuangan bisnis anda tidak terkontrol bagai mana usaha anda akan berkembang?. Jangan remehkan hal tersebut karena akan merugikan anda.

Identifikasi titik masalah
Semua hal yang di anggap sebagai titik masalah mulai dari pembelian barang, penempatan stok, pencatatan gudang kemudian mekanisme keluar barang hingga ahirnya masuk ke transaksi penjualan. Buat catatan atas masalah yang timbul, kemudian identifikasi masalah sampai menemukan informasi mengenai hal tersebut.

Catatan penjualan
Lakukan pencatatan secara berkala dan transaksi penjualan tidak di susun secara runtut pada setiap harinya. Jika di kelola dengan baik tentunya tidak akan terjadi hal yang tidak di inginkan misalnya kehilangan laba dll.

Setelah dapat mengumpulkan hal-hal yang menjadi problem tersebut, susunkan mekanisme alur prosedur dalam setiap bagian tersebut. Misalkan dibuatkan catatan tertulis sebagai bentuk pembukuan stok yang mencatat data barang yang masuk dan keluar, buat pula urutan penanggung jawab atas penerimaan dan pengeluaran barang, sehingga jelas pertanggung jawabanya.

Buat rumusan tentang tugas keuangan
Buat laporan siyapa yang melakukan pelayanan dan penerimaan uang, bentuk dan penyusunanya biasanya di awal hari atau ahir hari. Dalam hal ini awal hari saat buka toko sudah ada uang di cadangan kas operasional harian, sedangkan di ahir hari ada rekap hasil penjualan serta pengecekan uang sehingga tidak terjadi selisih dengan pencatatan penjualan.

Jika penjualan terdapat sistem pembayaran non tunai berjangka waktu atau tempo maka perlu di buatkan catatan piutang sehingga memudahkan proses penagihan di kemudian hari. Akan lebih mudah lagi jika menggunakan aplikasi kasir agar semua proses penjualan dan transaksi akan lebih mudah, bisa juga di gunakan sebagai pemantau stok barang sehingga tidak akan terjadi penumpukan stok atau kekurangan stok.

Sekian penjelasan mengenai tips sederhana mengatur keuangan pada bisnis kecil. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin softwaretoko.co.id Kami via Phone/SMS/WA/Line:  082313084908. Silahkan coba demo aplikasi kasir minimarket dan aplikasi kasir online terlebih dahulu sebelum membeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *