Setting Dual Stok Barang

Stok atau persediaan barang adalah barang-barang yang disimpan perusahaan untuk nantinya dijual di periode yang akan datang. Persediaan ini tidak hanya untuk barang yang sudah jadi, tetapi juga barang yang setengah jadi dan bahan mentah yang menjadi bahan baku.

Anda bisa melakukan penjualan barang dengan menggunakan stok barang dari toko atau gudang dalam penggunaan software minimarket. Barang-barang yang disimpan untuk digunakan atau dijual pada masa atau periode yang akan datang. Persediaan terdiri dari persediaan bahan baku, persediaan bahan setengah jadi dan persediaan barang jadi.

Persediaan bahan baku dan bahan setengah jadi disimpan sebelum digunakan atau dimasukkan ke dalam proses produksi, sedangkan persediaan barang jadi atau barang dagangan disimpan sebelum dijual atau dipasarkan. Dengan demikian setiap toko yang melakukan kegiatan usaha umumnya memiliki persediaan.

Persediaan merupakan suatu model yang umum digunakan untuk menyelesaikan masalah yang terkait dengan usaha pengendalian bahan baku maupun barang jadi dalam suatu aktifitas toko. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian pengendalian persediaan merupakan suatu usaha memonitor dan menentukan tingkat komposisi bahan yang optimal dalam menunjang kelancaran dan efektifitas serta efisiensi dalam kegiatan toko.

Fitur Dual Stok pada Software Minimarket berguna untuk Anda yang menginginkan penjualan barang yang diambil dari stok toko atau gudang dalam penggunaan Software Minimarket

Cara setting dual stok barang

masuk ke Menu Back Office > klik Lainnya > klik Pengaturan Master Kode Otomatis, Dual Stok
cara-setting-menu-dual-stok-1

 

Kemudian akan keluar gambar seperti di bawah ini, aktivkan Master barang DUAL STOK [Toko, Gudang], kemudian pilih Simpan, dan klik OK
cara-setting-menu-dual-stok-2

 

Kemudian kita masuk ke master barang, klik Master> klik Barang
cara-setting-menu-dual-stok-3

 

Pada data barang sebelumnya stok gudang belum aktiv, setelah dual stok diaktivkan maka otomatis data barang dalam menu “Master Barang” kolom stok gudang sudah bisa diisi.
cara-setting-menu-dual-stok-4

 

Kemudian cek dual stok barang pada transaksi pembelian (contoh ABC Kecap M 600 ML), arahkan kursor ke dalam kolom QTY kemudian tekan tombol F5 untuk memilih stok barang mana yang akan digunakan untuk penjualan barang.
cara-setting-menu-dual-stok-5

Untuk lebih lengkapnya silakan lihat tutorialnya di video bawah ini:

 

Sekian penjelasan tentang cara setting dual stok barang. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin softwaretoko.co.id Kami via Phone/SMS/WA/Line:  081234540765.

Silahkan coba demo software minimarket dan software toko, atau software restoran terlebih dahulu sebelum membeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *