Setiap hari ada ide-ide baru dari para pemasar dalam mempromosikan produk mereka. Jika strategi pemasaranini benar, maka pesan yang ada didalamnya akan dapat sampai ke pelanggan dengan baik, yakni untuk menarik pelanggan agar mau membeli dan setia pada produk mereka.
Berikut adalah delapan hal penting untuk membuat strategi pemasarandan promosi yang luar biasa:
1. Fokus pada Solusi
Inilah apa yang benar-benar dicari pelanggan.
Apabila produk Anda terbukti dalam menjadi solusi dari sebuah permasalahan yang besar, setengah dari pekerjaan pemasaran Anda telah berhasil.
Produk dan jasa yang memiliki permintaan tinggi akan mendapat perhatian pertama dan lebih sering.
Berikantargetpasar Anda apa yang mereka inginkan atau apa yang membuat mereka tertarik untuk melihat. Tawarkan sesuatu yang seolah berteriak Aku pemecah masalah atau Aku solusi cepat, dan pesan Anda itu akan mendapatkan perhatian.
2. Bertujuan padaTargetPasar
Pemasaran yang tidak mencapaitargetakan diklasifikasikan sebagai pemborosan, tidak efisien ataujunk(seperti dalam junk mail).
Kegiatanmarketingyang mencapaitargetpasarnya tergolong menarik, efektif dan sangat efisien. Kuncinya adalah untuk memberikantargetpasar Anda sesuatu yang menarik bagi mereka.
Jika Anda seorang warga negara yang sudah paruh baya tertarik pada musik klasik, berita singkat tentang rilis musik terbaru dari bandrock-and-rollterbaru tidak akan menarik sehingga warga negara tersebutbukanlah bagian daritargetpasar Anda.
3. Gunakan Judul dan Sub Judul
Buatlah judul-judul ini (dan sub judul) provokatif, pemikiran yang memprovokasi, ekstrim dan benar-benar tak terduga.
Salah satu berita terbaik yang pernah saya lihat yang saya tahu mendapat banyak perhatian adalah Things the Government Wont Tell You About Terrorism. Satu lagi yang menarik perhatian yang sama adalah 7 Mistakes Banks Make Every Day.
Keduanya akan mendapatkan perhatian dan membuat orang ingin membaca lebih lanjut. Makamemiliki skill copywriting yang tepatsangatlah penting untuk strategi pemasaran Anda.
4. Memiliki Pesan yang Sangat Jelas
Grafis memang bisa menarik perhatian, tapi itu bukan satu-satunya alat untuk mengkomunikasikan pesan Anda. Jangan biarkan pengunjung hanya melihat gambar pada iklan itu!
Pakar iklan terkenal, David Ogilvy pernah berkata, Saya tidak menganggap iklan sebagai hiburan atau sebuah bentuk seni tetapi sebagai media informasi. Ketika saya menulis sebuah iklan, saya tidak ingin Anda sekedar memberitahu tahu bahwa saya kreatif. Saya ingin Anda tertarik hingga Anda membeli produk tersebut.
Anda tidak dapat membuat orang lain memperhatikan pesan-pesan yang membosankan atau tidak jelas.
5. Coba StrategiMarketingMelalui Pesan Ekstrim
Kenyataannya adalah, pemasaran ekstrim itu bekerja. Hal-hal negatif dan kesalahan justru mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat. Berikut adalah contoh judul atau pesan yang mendapatkan perhatian karena sifat ekstrim mereka:
Bagaimana Cara Mengubur Perusahaan Dalam Satu Minggu
Bagaimana Cara Membuat Tenaga Penjualan 10 Persen Lebih Efisien
Bagaimana Cara Menumbuhkan Laba 0.005 %
Semua judul ini mungkin akan menarik perhatian dan membuat Anda ingin membaca karena sifat mereka yang ekstrem.
6. Gunakan Strategi Promosi Saling Berkaitan
Ini adalah cara lain untuk mendapatkan perhatian, terutamadalamstrategi content marketingyang sedang populersaat ini.
Sederhananya, informasi yang ditawarkan sebagai insentif untuk kontak baru. Kaitan ini menjadi prospek! atur pemasaran Anda untuk komunikasi lebih lanjut. Berikut adalah beberapa contoh dari kaitan ini:
Hubungi kami hari iniuntukperhitungan pinjaman pegadaian gratis.
Download resep ebook gratisyangmenggunakan rempah-rempah dan bumbu kami.
Mampir hari iniuntukvas gratis untuk bunga di Hari Ibu.
Semua keterkaitan ini menawarkan sesuatu yang bernilai untuk pelanggan potensial agar tertarik. Mereka semua tidak hanya memberikan sepotong perhatiannya kepada Anda tetapi akan meningkatkan respon terhadap Anda juga.
7. Memanfaatkan Benda, Bentuk, dan Ukuran yang Tidak Biasa
Hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika ingin produk Anda untuk bisa dikenal dan diingat adalah menciptakan sesuatu dengan ukuran berbeda atau memiliki warna berbeda atau tidak seperti format umumnya.
Ini termasuk potongan surat, warna atau pesan yang ekstrim, berbentuk aneh dan memilih waktu yang tidak biasa untuk mendekatitargetpasar Anda, seperti berbicara tentang Natal di musim semi.
Carlsbad Brewery pernah menjatuhkan paspor palsu di sistem kereta bawah tanah New York Cityuntuk memberitahutargetpasar mereka tentang produk baru yang mereka luncurkan. Mencari paspor di kereta bawah tanah benar-benar hal yang tak terduga; itu bukan sesuatu yang bisa Anda lihat setiap hari sehingga pesan Carlsbad pun berhasil mendapat perhatiantargetpasarnya.
8. Jawab Secara Langsung Apa Untungnya bagi Calon Pelanggan?
Holiday Inn Express mengiklankan bahwa motel mereka memiliki showerheadnomor satu berdasarkan penilaian pelanggan.
Pernahkah Anda diminta untuk menilai sebuahshower? Holiday Inn menemukan ini penting untuk target pasar mereka dan mengkomunikasikan pesan ini langsung kepada mereka.
Anda dapat mendengarkan dan membaca semua tentang fitur dari Holiday Inn Express, tapi mendengar tentang nomor satushowerheaddari penilaian pelanggan ini adalah sesuatu yang semua pengunjung inginkan.
Apa manfaatnya bagi mereka?Showeryang istimewa.Showeryang unggul mendapatkan perhatian.
Sukses dalam menjalankanbisnistidak lepas dari strategimarketingataupun strategi promosi dari perusahaan. Jika saat kegiatanmarketingdan promosi saat ini masih belum membuahkan hasil yang signifikan, Anda akan berada pada posisi sulit pada saat berkompetisi dengan kompetitor Anda.
Sekian penjelasan tentang ide pemasaran yang anti mainstream. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi adminsoftwaretoko.co.idKamivia Phone/SMS/WA/Line:082391280137.
Silahkan coba demosoftware minimarketdansoftware toko, atausoftware restoranterlebih dahulu sebelum membeli.