Tagline merupakan sesuatu hal yang penting dalam mencitrakan usaha dan bisnis Anda sama halnya dengan logo. Tagline tidak bisa diciptakan secara instan apalagi menyuruh orang lain yang tidak mengetahui seluk beluk, visi dan misi perusahaan.
Ada satu hal setiap kali saya sering bertanya kepada klien : Apakah sudah punya tagline untuk usahanya?
Kebanyakan dari mereka menjawab : Belum, mungkin bisa dibuatkan sekalian atau Ada,We serve the best!
Hal ini, menunjukkan kurangnya pemahaman klien mengenai tagline. Sehingga, mereka tidak begitu menganggap tagline itu sebagai sesuatu hal yang penting atau tagline yang diciptakannya kurangnendang. Di sisi lain, sebuah tagline tidak bisa diciptakan secara instan apalagi menyuruh orang lain yang tidak mengetahui seluk beluk,visi dan misi perusahaan.
Eric Swratz, seorang penulis dan ahlibrand taglinemendefinisikantagline(slogan) sebagai susunan kata yang diringkas (biasanya tidak lebih dari 7 kata dan diletakkan mendampingi logo dan mengandung pesanbrandyang kuat ditujukan kepada targetaudiencetertentu. Oleh karena itu, penciptaan sebuah tagline perlu disesuaikan dengan citrabrandyang hendak dibangun. Berikut ini contohtaglinedaribeberapabrand terkenal :
- Indomie : Seleraku (1 kata)
- Surf : Putih cemerlang (2 kata)
- Sejati : Emang bikin bangga (3 kata)
- RCTI : Kebanggan milik bersama (4 kata)
- Milo : Energi untuk menang setiap hari (5 kata)
- Minyak kayu putih Cap Lang : Buat yang tersayang jangan coba-coba (6 kata)
- Citra White : Untuk kulit terasa kencang dan tampak muda (7 kata)
Seperti juga disampaikan oleh ahlibrandinglainnya, tagline seringkali diplesetkan menjadi :Tagline, tag lines your remembersehingga dengan kata lain sebuah tagline erat kaitannya denganpositioningsebuah produk atau jasa. Oleh karena itu, untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan, sebuahtaglinejuga harus diciptakan sesuai dengan tujuan dan sifatnya. Bisa untuk maksud menjelaskan suatu produk tertentu sampai sifatnya mengajak (provocative).
Descriptive
Yaitu tagline yang bertujuan untuk hanya menerangkan produk/servis/janji brand tersebut. Seperti HITAnti nyamuk generasi baru.
Spesific
Tagline jenis ini mencoba memposisikan dirinya sebagai yang terunggul dibidangnya. Contohnya :SOSROAhlinya Teh.
Superlative
Hampir sama dengan sifat sebelumnya, tagline juga bisa digunakan untuk memposisikan suatu produk sebagai yang paling unggul. Contohnya : BAYGONJaminan mutu.
Imperative
Imperative berarti menyuruh untuk melakukan suatu aksi, biasanya diawali dengan kata kerja Contohnya : LA LIGHTEnjoy aja!
Provocative
Mengajak atau memancing logika atau emosi audiens biasanya tagline erupa kalimat tanya. Contohnya :OliAndaTOP ONEjuga kan?
Sekian penjelasan tentangpentingnya sebuah tagline/slogan dalam bisnis Andabagaimana pentingnya perantaglineuntuk membangunpositioningsebuahbrand. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi adminsoftwaretoko.co.id,PT. Inti Core Indonesiavia Phone/SMS/WA/Line:082133038180&081802613019atau ke email:admin@software-id.com.
Silahkan coba terlebih dahulu sebelum membelisoftware apotek,program kasir/program kasir,Program Kasir Komputer,dansoftware tokoproduk Kami.
Jika anda tertarik ingin mencoba versi trialnya secara langsung, silahkandownload demo softwarenyadi bawah ini