5 Tips Agar Pelanggan Terpuaskan

Banyak sekali orang yang lebih memilih berwirausaha atau berbisnis dibandingkan dengan menjadi karyawan. Banyak alasan yang mendasari mereka untuk memilih jalan wirausahawa. Salah satunya tentu semangat kemandirian. Dengan berwirausaha, kita tak perlu menggantungkan nasib kita kepada HRD atau bos. Wirausahawan membuat kita menjadi bos.

Jika sudah mantap memilih untuk berwirausaha atau berbisnis, ada banyak hal yang harus selalu kita perhatikan. Hal-hal ini berkaitan langsung dengan kegiatan bisnis kita. Salah satunya adalah customer service atau pelayanan konsumen.

Dalam dunia bisnis atau usaha, pelayanan pelanggan menjadi hal yang paling krusial. Pelayanan yang baik akan memberikan keuntungan secara finansial maupun non-finansial. Dengan pelayanan yang baik, pelanggan akan kembali lagi membeli produk kita atau pelanggan baru akan datang karena pelayanan kita yang memuaskan.

Bisa dibilang gampang-gampang susah untuk memuaskan pelanggan. Banyak permintaan atau request yang kadang berbelit-belit dari pelanggan. Oleh karena itu, hal terpenting dalam pelayanan pelanggan adalah kesabaran. Kesabaran merupakan kunci utama dalam customer service.

Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan dan calon konsumen, kita harus memastikan pelayanan kepada konsumen dan pelanggan kita berjalan dengan baik. Dengan begitu, proses negosiasi hingga proses transaksi berjalan dengan lancar. Kepuasan pelanggan adalah hal yang paling utama dalam bidang customer service.

Lalu bagaimanakah cara meningkatkan customer service kita agar pelanggan terpuaskan? Banyak cara yang bisa diterapkan dan dipraktekan dalam peningkatan customer service kita. Cara-cara ini bisa kita pakai agar pelanggan terpuaskan dengan layanan kita. Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan kualitas customer service kita.

1. Respon Cepat dan Tanggap

Dari semuanya, mungkin hal yang satu ini adalah hal yang wajib dimiliki dan dilakukan dalam hal pelayanan pelanggan. Kecepatan dan ketanggapan respon saat melayani pelanggan adalah hal paling utama. Melayani pelanggan tak harus selalu bertatap muka secara langsung. Kecanggihan teknologi membuat pelanggan bisa menghubungi penjual dengan alat komunikasinya. Respon yang cepat dalam menanggapi keluhan, permintaan, atau transaksi dengan pelanggan akan meningkatkan kualitas customer service kita. Pelanggan banyak yang menempatkan kecepatan respon dari penjual di urutan pertama dalam pertimbangan membeli suatu produk, khususnya di bidang bisnis online. Oleh karena itu layanan cepat dan tanggap merupakan hal utama pada tiap customer service.

2. Dengarkan Keluhan

Terkadang ada pelanggan yang komplain dan kecewa entah dengan produk atau pelayanan kita. Dengarkanlah keluhan dari pelanggan tersebut sebagai bahan evaluasi kita. Keluhan dari pelanggan merupakan kritik positif yang tentu akan meningkatkan kualitas kustomer servis kita. Tetap dengarkan berbagai macam keluhan yang diberikan pelanggan, kalau bisa berikan solusi kepada pelanggan tersebut. Mendengarkan memang menjadi hal terpenting dalam upaya peningkatan kualitas customer service.

3. Sabar

Seperti yang sudah disebutkan di awal, kuci utama dalam cara meningkatkan kualitas kustomer servis kita adalah kesabaran. Kita akan banyak menemui banyak keluhan-keluhan pelanggan yang mungkin berada di luar akal sehat. Kita juga akan menemui berbagai macam jenis pelanggan dari yang tidak sabaran hingga yang sering memaki-maki. Jangan dulu marah atau menyerah, kita harus selalu sabar dalam menghadapi berbagai macam masalah tersebut. Jika kita mau lebih sabar dalam menghadapi tingkah polah pelanggan dan konsumen yang bermacam-macam tersebut, niscaya kesuksesan yang akan kita dapatkan.

4. Selalu Berikan Solusi

Keluhan pelanggan pasti akan kita terima cepat atau lambat. Entah terkait masalah lambatnya pelayanan, produk yang diterima tidak sesuai harapan, hingga masalah-masalah lainnya. Dalam tiap keluhan, pastilah diharapkan suatu pemecahan masalah atau solusi. Untuk meningkatkan kualitas customer service, kita harus bisa memberikan solusi dengan cepat. Solusi yang diberikan haruslah memuaskan pelanggan dan mengatasi keluhan pelanggan tersebut. Dengan begitu, kita bisa memupuk kepercayaan pelanggan yang telah membeli produk dan setia kepada perusahaan kita.

5. Sopan

Dalam berinteraksi dengan pelanggan, entah itu lewat berbicara tatap muka, berbicara lewat telepon atau berbalas pesan via sms atau chat, selalu gunakan bahasa yang sopan. Kadang emosi kita bisa terpantik ketika menghadapi pelanggan yang banyak mau atau yang marah-marah. Kita harus selalu bisa menjaga emosi kita tersebut agar pelanggan tidak kabur. Penggunaan dan pemilihan bahasa yang sopan merupakan hal yang penting dalam peningkatan kualitas customer service. Perhatikan selalu gaya bicara, pemilihan kata-kata, hingga penyusunan kalimat. Pastikan kata-kata yang kita sampaikan tak menyakiti hati pelanggan kita. Dengan begitu, pelanggan akan merasa nyaman saat melontarkan keluhan-keluhan kepada kita.

Itu tadi beberapa tips cara meningkatkan kualitas kustomer servis kita. Dengan cara-cara tersebut, pelanggan akan merasa nyaman saat berinteraksi dengan kita terkait customer service. Jangan remehkan hal ini, karena kesuksesan kita juga sangat ditentukan oleh pelanggan. Jika pelanggan tidak puas dengan pelayanan kita, maka jangan harap kesuksesan mendekati kita.

Tidak mudah memang bergelut di dunia bisnis. Banyak aspek dan hal yang harus selalu diperhatikan. Pertama kali memang agak merepotkan atau mengesalkan, tapi dengan langkah-langkah yang tepat, keuletan serta ketekunan, masalah-masalah yang akan menghinggapi kita saat memulai berwirausaha akan lenyap. Jika semua masalah sudah bisa kita selesaikan, ketekunan selalu kita utamakan, maka niscaya kesuksesan yang akan datang.

Sekian penjelasan artikel tentang 5 tips agar pelanggan terpuaskan. Silahkan coba demo software minimarket dan software toko, atau software restoran terlebih dahulu sebelum membeli.

Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin softwaretoko.co.id, PT. Inti Core Indonesia via Phone/SMS/WA/Line: 082133038180 & 081234540765 atau ke email: admin@software-id.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *