Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Software Kasir

Sebelum anda memutuskan membeli software kasirsoftware untuk toko anda dari developer manapun, ada beberapa hal yang perlu dan wajib untuk diperhatikan. Jangan sampai anda terburu – buru dalam memutuskan yang akhirnya akan merugikan diri anda sendiri, waktu sudah banyak terbuang dalam menguruskan software tersebut dan juga uang yang pada akhirnya sia – sia, program tidak bisa dipergunakan sebagaimana yang anda harapkan.

Berikut adalah hal yang harus jadi pertimbangan :

  1. Jika anda sebelumnya sudah menggunakan software, kemudian ingin mengganti ke software yang baru pastikan software yang baru tsb lebih baik dari yang lama, jangan hanya capek – capek ganti program ternyata malah kualitasnya sama ataupun masih bagus yang lama.
  2. Pastikan pihak developer (penyedia layanan software, atau penjual software tersebut) memberikan kebebasan untuk mencoba dulu software yang akan anda beli, terkadang developer hanya menyajikan video, manual book atau tampilan2 aja, atau proporsal yang menjelaskan fitur ini dan itu. Pastikan software tsb bisa anda coba dulu sebelum membeli, jadi bisa tau cocok atau tidak dengan kebutuhan anda.
  3. Pahami bahasa marketing, contoh: kelebihan software ini dibandingkan dengan yang lain, coba di telaah kembali jangan-jangan kelebihan yang disebutkan itu sebenarnya fitur dasar yang memang harus ada di software penjualan kasir contoh : bisa motong stok otomatis, bisa membaca barcode, bisa cetak nota ya iyalah…. (masa ya iya dong), klo g ada gimana jualan kedondong.
  4. Tanyakan layanan support dan garansinya,jika suatu saat terjadi masalah harus menghubungi siapa ??, trus buat jaga – jaga jika suatu saat programmernya atau pembuat program tidak ada ditempat apa solusinya seperti apa?? pastikan sofftware yang dibeli tersebut mejadi hak milik anda sendiri, software bisa anda install dan setting sendiri tanpa harus repot menghubungi programmer nya dulu, mending klo gampang dihubungi, klo susah….???
  5. Pastikan installasi danseting software tersebut tidak rumit, sehingga walaupun seandainya tanpa programmernya pun anda bisa install sendiri karena installnya mudah, ga harus install ini itu dulu agar softwarenya jalan, cukup 1 file install autoconfiguration (anda tidak perlu repot install) karena anda membeli software spya gampang bukan utk repot.
  6. Layanan import dan export datanya, jika anda sudah punya data dari software yang lama (utk pengguna yg sudah pakai sebelumnya) ataupun yang belum pakai, apakah bisa software tersebut import data langsung sekaligus sehingga anda tidak perlu repot lagi input data satu2 jika sudah punya file dalam bentuk xls atau lainnya.
  7. Fitur yang disediakan harus bisa memenuhi semua kebutuhan anda, dalam 1 file installasi pastikan jika seandainya suatu saat metode diskon atau set harga berubah di toko, software sudah mendukung ke arah sana, karena bisa mungkin saja konsep diskon atau pengaturan harga suatu saat berubah sedangkan software yang disediakan tidak men support dibagian tsb.
  8. Apakah ada layanan akses jarak jauh, contoh anda sedang berada diluar kota, bisa atau tidak transaksi diakses dari luar via internet atau melalui webreport,hari gini gitu loh… yang sudah serba internet klo mw cek masak harus datang ke toko terus….
  9. Apakah software yang akan dibeli tersebutsudah teruji kemampuannya dalam menangani transaksi yang besar (big database), karena sistem database setiap hari akan membesar seiring dengan nominal transaksi yang ada di toko apalagi jika anda tidak pernah melakukan clear database secara periodik.
  10. Tanyakan sudah berapa banyak digunakan, karena semakin banyak yang menggunakan otomatis softwarenya semakin bagus dan stabil, jangan membeli software yang baru jadi karena biasanya software yang baru jadi tersebut masih banyak kekurangannya atau errornya, yang nantinya mungkin akan diperbaiki sambil berjalan (TRY On error), otomatis yang seperti ini akan membuat anda repot,jangan anda membeli software untuk bikin gampang malah jadinya tambah repot, kecuali klo anda yang ingin repot…
  11. Mengenai lisensi, jika suatu saat komputernya ganti hardware karena rusak atau karena pengen ganti trus masalah lisensinya gimana. Apakah bisa untuk banyak komputer atau cuma untuk 1 komputer aja (klo suatu saat komputer rusak, harus beli lisensi lagi kan repot).
  12. Support hardware pendukung, software yang dibeli harus bisa support hardware seperti barcode, miniprinter, pole display.
  13. Backup data nya mudah, tersedia atau tidak. jika suatu saat komputer rusak otomatis data yang sdh ada harus dipindahkan ke komputer baru, dengan adanya fasilitas backup tersebut maka data tinggal dipindahkan ke komputer yang baru tanpa harus input ulang lagi dari awal, apalagi klo yg sdh ada transaksi hutang piutang dan lainnya, klo sempat hilang kan repot.

Ada layanan update (customnya) atau tidak, update ini sangat diperlukan karena software tidak mungkin dong gitu gitu melulu, harus bisa ini itu sesuai dengan perkembangan zaman saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *