Fitur yang Ada dalam Menu Master Jasa Pada Aplikasi Kasir Minimarket

Pada dasarnya, jasa adalah kegiatan usaha yang bersifat intangible (tidak berwujud fisik) dengan tujuan kepuasan konsumen. Penyedia jasa sangat dibutuhkan keberadaannya dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Sebagai contoh, jasa transportasi, logistik, kesehatan, dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana kita bisa membedakan antara bidang usaha barang dan bidang usaha jasa? Berikut ini kami berikan penjelasan mengenai karakteristik jasa dan jenis-jenis bidang usaha jasa. Untuk membedakannya dengan penyedia barang, kita harus mengetahui apa saja karakteristik dari jasa itu sendiri.

Karakteristik Jasa

1. Tidak berwujud

Sebelum pelanggan melakukan pembelian atau pembayaran kepada penyedia jasa atas jasa yang diberikannya, jasa bersifat tidak berwujud, artinya tidak dapat dilihat, dirasa, diraba, atau didengar. Berbeda ketika kita membeli produk atau barang, di mana objek tersebut berbentuk yang bisa dilihat, dirasa, diraba atau didengar.

2. Tidak dapat dipisahkan

Ciri-ciri bagian kedua dari jasa adalah tidak dapat dipisahkan dari proses produksi dan konsumsinya. Penyedia jasa akan mejualnya terlebih dahulu, setelah adanya transaksi antara penyedia dan konsumen, maka kemudian diproduksi atau dikonsumsi secara bersamaan.

Sebagai contoh, perusahaan jasa konstruksi atau kontraktor melakukan kontrak untuk pembangunan gedung sekolah. Maka, kontraktor tersebut harus memilih karyawan yang tepat untuk mengerjakan bangunan gedung tersebut agar menghasilkan bangunan yang berkualitas baik. Selain itu, kontraktor juga perlu berkoordinasi secara khusus dengan konsumennya dalam proses jasa tersebut mulai dari , desain yang diinginkan, bahan/material yang digunakan, dan lain sebagainya.

3. Keanekaragaman

Jasa adalah kegiatan usaha yang bersifat sangat beraneka ragam karena merupakan nonstandardized output. Produk jasa yang dihasilkan sangat mungkin dalam banyak variasi, sehingga hasil yang diterima oleh konsumen satu dengan lainnya terkadang sangatlah berbeda. Bahkan, ketika dikerjakan oleh orang yang sama sekalipun.

Misalnya, jasa developer website. Mungkin dari segi bahasa pemrograman yang digunakan sama, namun hasil yang akan diterima akan berbeda karena content dan brief (arahan) yang diberikan oleh konsumen juga berbeda.

4. Produk Jasa Tidak tahan lama

Hasil produk jasa bersifat tidak tahan lama. Terkadang diperlukan perpanjangan (renew), top up, dan sebagainya. Sebagai contoh, penyedia jasa atau provider telekomunikasi, di mana kita sebagai pelanggannya harus mengisi pulsa ketika pulsa habis dan ingin digunakan. Dan satu lagi contohnya adalah penyedia jasa domain dan hosting, di mana penggunanya harus melakukan perpanjangan domain dan hosting agar websitenya bisa terus dapat diakses.

Jenis-Jenis Jasa dan Contoh Kegiatan Usaha dalam Bidang Jasa

Sesuai dengan sifat jasa yang sangat beragam, jenis jasa pun sangat bervariasi dan akan terus mengikuti perkembangan zaman. Nah, secara umum jenis-jenis jasa dapat dibedakan menjadi beberapa macam, meliputi:

  1. Kecantikan, beberapa contohnya adalah penyedia jasa perawatan kecantikan, salon, dan lainnya.
  2. Konstruksi, beberapa contohnya adalah jasa konstruksi baja, jasa konstruksi bangunan tahan gempa, dan lain-lain.
  3. Komunikasi, beberapa contohnya adalah provider telekomunikasi, telepon, telegram, internet.
  4. Usaha Rumah Tangga, beberapa contohnya adalah jasa cleaning service, jasa tukang kebun, dan lain-lain.
  5. Layanan Distribusi dan Transportasi, beberapa contohnya adalah taxi, jasa pengiriman barang, rental mobil, dan lain sebagainya.
  6. Rekreasi dan Hiburan, conrohnya adalah kebun binatang, pantai, bioskop, tempat karaoke, tempat hiburan, dan lain-lain.
  7. Layanan Kesehatan, contohnya adalah profesi perawat, dokter, dan lain-lain.
  8. Konsultan Hukum, sebagai contoh adalah notaris, PPAT, advokat, dan lain-lain
  9. Keuangan, contohnya adalah perbankan, asuransi, leasing, dan lain sebagainya.

Fitur Jasa dalam Aplikasi Kasir Minimarket

Nah untuk penunjang dalam memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan Anda, Kami memberikan fitur jasa pada aplikasi kasir minimamarket. Aplikasi kasir bisa membantu Anda dalam melakukan penjualan barang maupun jasa pada pelanggan Anda.

 

Fitur-fitur yang ada dalam Menu Jasa Aplikasi Kasir Minimarket

Berikut ini akan Kami ulas fitur jasa yang ada dalam aplikasi kasir minimarket. Jika Anda mengklik kanan pada form data jasa maka akan keluar gambar seperti di bawah ini, Ada 12 Menu di dalamnya:

  • Detail Barang > untuk menginput data barang yang terpakai dalam melakukan jasa.
  • Edit > untuk mengedit data jasa (F2).
  • Hapus > Untuk menghapus data jasa yang dipilih.
  • Cari > Untuk melakukan pencarian data jasa secara singkat dengan mengetikkan kata pencarian (CTRL + F).
  • Reload > Untuk merefresh data jasa (CTRL + R).
  • Export to Excel > Untuk melakukan pencarian data jasa secara singkat dengan mengetikkan kata pencarian (CTRL + F).
  • Harga Toko > Menampilkan data jasa berdasarkan harga toko.
  • Harga Partai > Menampilkan data jasa berdasarkan harga partai.
  • Harga Cabang > Menampilkan data jasa berdasarkan harga cabang.
  • Hapus Semua > Untuk menghapus semua data jasa secara langsung.
  • Export Data > Untuk Memindahkan data jasa ke dalam file.
  • Import Data > Untuk Mengambil data jasa dari dalam file.

 

Untuk lebih lengkapnya silakan lihat videonya di bawah ini:

Sekian penjelasan mengenai fitur atau menu yang ada dalam menu master barang pada software minimarket. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin softwaretoko.co.id Kami via Phone/SMS/WA/Line:  082313084908. Silahkan coba demo aplikasi kasir minimarket dan aplikasi kasir toko, atau aplikasi kasir restoran terlebih dahulu sebelum membeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *